Ditulis oleh Slamet Oerip Prihadi Rabu, 25 Januari 2012 14:38
Sampai hari ini (Rabu 25 Januari 2012) jumlah penonton laga home Persegres di Stadion Petrokimia adalah yang tebesar di pentas ISL 2011-2012.
CaTaTaN: Slamet Oerip Prihadi
Manajemen Persegres dan PT Persegres Jaka Samudra wajib memberikan apresiasi dan berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada arek-arek Ultras – julukan suporter loyal sepak bola Gresik. Ultras (Ulah Terampil Rasional) membuktikan bahwa mereka mendukung total Peresegres dalam situasi apa pun! Saat Persegres menang maupun kalah, di atas angin maupun di bawah angin.
Salut buat dulur-dulur Ultras, juga buat para pecinta Persegres yang setia hadir di Stadion Petrokimia setiap kali Pesregres melakoni laga home (kandang). Semoga mereka setia selamanya, baik ketika tim kesayangannya berjaya maupun terpuruk.
Namun, gerakan kebangkitan kembali Persegres adalah tuntutan warga Gresik. Hukumnya wajib. Kalau tekad sudah membulat, perjuangan telah dijalankan sekuat-kuatnya, doa dipanjatkan siang dan malam, Insya Allah gerbang kejayaan segera terlihat.
Sementara ini saingan utama Persegres adalah Laskar Wong Kito Sriwijaya FC dan Maung Bandung Persib. (Lihat perbandingan jumlah penonton di bawah).
JUMLAH RATA-RATA PENONTON PER LAGA HOME
1.Jaka Samudra Persegres di Stadion Petrokimia Gresik 21.266 orang.
Home terakhir kala menjamu Mitra Kukar (kalah 1-2), jumlah penonton 22.800 orang. Menurut perkiraan jumlah sebenarnya sekitar 24.000 penonton (mungkin sebagian tanpa tiket atau sebab yang lain, mudah-mudahan bukan masuk dengan tiket muter atau tiket palsu).
2.Maung Bandung Persib di Stadion Si Jalak Harupat 18.085 orang.
3.Sriwijaya FC di Gelora Sriwijaya 17.447 orang
4.Macan Kemayoran Persija di Gelora Bung Karno 14.000 orang.
5.Elang Borneo Persisam di Stadion Segiri 13.472 orang.
6.Mutiara Hitam Persipura di Stadion Mandala 11.706 orang.
7.Delta Putra Sidoarjo (Deltras) di Gelora Delta 11.636 orang.
DATA LENGKAP SILAKAN LIHAT TABEL DI BAWAH
Sumber: PT Liga Indonesia.
Diharapkan Ultras dan seluruh pecinta bola Gresik kembali membanjiri Stadion Petrokimia besok (Kamis 26 Januari 2012) kala Persegres menjamu Persisam Putra Samarinda.
Yang jelas, manajemen Persegres wajib mengapresiasi loyalitas Ultras dalam bentuk:
1.Kemudahan penyediaan tiket dan pengamanan stadion yang bertujuan memberikan kenyamanan bagi para penonton.
2.Memperkuat tim agar daya saing Persegres semakin tinggi. Yang paling urgen adalah merekrut center back berkualitas dengan jam terbang tinggi. Jagoan bola bawah dan bola atas.
Pelatih Persegres Freddy Muli Selasa malam (24/01/2012) mengatakan kepada sportjatim.com bahwa kini manajemen Persegres sedang menego center back asal Australia. “Tentu pemain Australia ini harus memiliki skill di atas rata-rata. Sebab, persaingan di ISL sekarang sangat ketat. Persegres yang semula didesain sebagai klub divisi utama harus menghadapi klub-klub yang benar-benar berkelas ISL. Sriwijaya FC, Persipura Jayapura, Persija Jakarta, Persib Bandung, Mitra Kukar, Persisam Samarinda, Persiba Balikpapan, Persela Lamongan, Deltras Sidoarjo, semuanya asli kelas ISL. Termasuk tim-tim lain seperti PSPS, PSMS, semuanaya” katanya.
3.Suatu saat nanti manajemen harus memberikan penghargaan konkret buat Ultras, misalnya menyumbang dana tret-tet-tet Ultras ke Bandung. Mungkin tidak 100 persen, tapi ada subsidi dana yang lumayan. Harus ada saling menerima dan memberi.
* * * *
Meskipun belum mencapai penonton terbesar, namun skuad Badai Pegunungan Persiwa belakangan memperoleh dukungan suporter yang makin besar. Mulanya hanya 1.000 sampai 3.000 suporter yang hadir di Stadion Pendidikan. Kini membengkak jadi 10.000 sampai 12.000 suporter di Stadion Pendidikan kala Persiwa melakoni laga home.
Jumlah penonton PSMS Medan di Stadion Teladan juga besar, rata-rata 10.000 orang, bahkan membengkak jadi 21.300 orang ketika PSMS menjamu Pesipura 18 Januari 2012.
Yang mrotol atau menyusut adalah jumlah penonton Arema Indonesia di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang. Mulanya 14.000 penonton, kini hanya 2.800 sampai 5.000 penonton.
Yang stabil adalah jumlah penonton Persela di Stadion Surajaya, rata-rata 10.000 orang. LA Mania memang sangat loyal di seluruh musim. Luar biasa.*

0 comments:

Post a Comment

 
Top