Gresik United Ngotot Pindah Grup Jalan Gresik United (GU) mengikuti kompetisi Divisi Utama PSSI belum juga mulus. Di saat klub-klub kontestan kompetisi bentukan PT Liga Prima Indonesia Sportindo (PT LPIS) itu fokus dengan pertandingan, GU malah sibuk dengan urusannya sendiri.

Klub yang baru di-launching akhir pekan lalu itu ngotot ingin pindah dari Grup I ke Grup III. Alasannya klasik, terbatasnya anggaran yang dimiliki klub dari kota Pudak, sebutan Gresik, itu. "Bagaimana mungkin kami harus menjalani rangkaian pertandingan ke Sumatera yang relatif jauh jaraknya. Dana yang kami miliki jelas tidak akan mampu," kata CEO GU Ali Mukhid.

Di Grup I, GU menjadi klub yang paling barat letak geografisnya. Kebanyakan klub di Grup tersebut berada di Sumatera. Paling dekat, GU harus menjalani laga di Bogor melawan Persikabo Bogor (17/12). Dari 11 kontestan Grup I, hanya Persikabo Bogor, Persikota Tangerang, dan Persitara Jakarta yang dari pulau Jawa.

Bandingkan saja dengan Grup III yang didominasi klub-klub dari Jatim dan beberapa daerah Indonesia Timur. "Kalau tanding di Jawa Timur atau Jawa Tengah kami kan bisa menggunakan jalan darat. Dan itu akan lebih efisien dananya," tutur pengurus PSSI Pusat itu.

Meski kompetisi sudah mulai berjalan, Ali tetap yakin upayanya ini akan tetap dikabulkan PT LPIS. Dirinya menargetkan, paling lambat dalam kurun waktu sepekan ini klub yang dikomandaninya itu sudah bisa "hijrah" ke Grup III. "Jadwalnya sekalian pasti sudah bisa turun," papar Ali.

Seperti yang diketahui, untuk mengarungi kompetisi musim ini, pengurus GU hanya bermodalkan dana Rp 500 juta dari konsorsium. Sementara untuk pendanaan tambahan dari sponsor maupun donatur masih dalam proses pengajuan. Kabar lima sponsor penyandang dana pun sampai sekarang belum juga terungkap.

Belum adanya kejelasan tersebut tentu saja berpengaruh terhadap persiapan tim. Sebab, pelatih Sasi Kirono tidak bisa memperkirakan program latihan bagi Ahmad Nurosadi dkk. "Ya praktis untuk sementara kami latihan seperti biasa. Biar kalau jadwal turun anak-anak sudah langsung siap tempur," ungkap Sasi.

Di sisi lain, kabar gembira datang dari tim tetangga GU, Persegres Gresik. Ini setelah ketiga penggawanya yang mengalami cedera sudah mulai menjalani latihan, Selasa pagi kemarin (20/12). Hery Prasetyo, Anang Ma"ruf, dan Gustavo Chena sudah ikut berlatih bersama Agus Indra Kurniawan dkk.

"Mereka masih tahap terapi pemulihan dulu. Itu tidak akan lama kok. Paling cepat, seminggu juga sudah sembuh," jelas asisten pelatih Persegres Sulkhan.  
(ren/jawapos)

0 comments:

Post a Comment

 
Top