Ditulis oleh Slamet Oerip Prihadi Rabu, 23 November 2011 03:10

Pelatih skuad Joko Samudro Gresik United (GU), Freddy Muli, meracik simulasi laga away menjelang ke kandang Persiwa (1/12)dan Persipura (4/12).
...
Simulasi itu akan dilakukan dalam dua laga uji coba versus klub Kelas Utama Pengcab PSSI Surabaya, Putra Indomaret, pada Rabu (23/11) dan versus Delta Putra Sidoarjo (Deltras) pada Jumat (25/11).

“Ada perbedaan antara laga home dan away. Untuk laga away pemain-pemain GU tentu harus waspada dalam menjaga benteng pertahanannya. Bagaimana formasi tim dan detil strateginya, tentu ini rahasia tiap pelatih. Saya tidak bisa mengungkapkan hal ini kepada pers,” kata Freddy Muli, Senin (21/11) malam di Pendopo Pemkab Gresik.

Soal menang, seri, atau kalah dalam laga uji coba tidak begitu penting. “Yang terpenting bagaimana pemain-pemain GU bisa menjalankan strategi dengan baik. Setiap pertandingan ditentukan oleh 3 elemen. Yaitu sepertiganya ditentukan oleh faktor pelaku, sepertiganya lagi ditentukan oleh faktor pelaksanaan, dan sepertiganya lagi ditentukan oleh faktor lucky,” jelas Freddy.

Faktor pelaku adalah bagaimana kepintaran pelatih mendesain taktik dan strategi serta menyusun formasi tim yang tepat sesuai kebutuhan. Termasuk kemampuan, kepintaran, dan kualitas pemain.

Faktor pelaksanaan adalah apa yang terjadi saat pertandingan. Di sini faktor mental tempur, kemampuan para pemain menjalankan strategi dan kondisi lawan akan menentukan hasil akhir.

Sedangkan elemen lucky sulit diperhitungkan, karena keberuntungan bisa datang kapan saja dan kepada siapa saja. Bisa saja satu tim menguasai pertandingan, berkali-kali menggempur pertahanan lawan, tapi tendangan atau tandukan pemainnya membentur mistar gawang lawan. Alhasil tim itu mendominasi pertandingan, tapi gagal membuahkan gol. Ini salah satu contoh faktor lucky.

Yang jelas, untuk bertarung di level kompetisi tertinggi (ISL) setiap pemain harus memiliki kemampuan fisik yang tangguh. “Saya sudah katakan kepada semua pemain GU, sepak bola modern sekarang mutlak membutuhkan fisik yang sangat prima. Kuat, cepat, berstamina tinggi,” tutur Freddy Muli.

Diharapkan, para pemain bisa menjalankan simulasi laga away dengan baik saat uji coba lawan Putra Indomaret dan Deltras.*

0 comments:

Post a Comment

 
Top