ULTRAS GRESIK - Kursus Penyegaran Wasit & Asisten Wasit Indonesia Super League 2015 telah rampung digelar di Jakarta. Sesi tes fisik yang digelar di Stadion Atletik Rawamangun, Jakarta, Minggu (15/2) pagi, menjadi akhir dari serangkaian tes sebelumnya, yang telah digelar di Hotel Grand Cempaka, Jakarta, sejak Jumat (13/2).

Gelaran acara yang juga menjadi ajang seleksi kelayakan memimpin laga ISL 2015 ini, awalnya mengundang 39 wasit dan 64 asisten wasit. Namun, seorang wasit tidak hadir karena izin, dan 2 asisten wasit absen karena sakit dan izin, sehingga total hanya ada 100 peserta.

Seperti telah dikatakan sebelumnya oleh anggota Komite Wasit PSSI, Jimmy Napitupulu, bahwa sesi fitnes test menjadi penentu lulus atau tidaknya sang wasit untuk bisa memimpin pertandingan di lSL 2015. Dan, dari hasil tes fisik tersebut, ada beberapa wasit yang dinayatakan gagal.

”Ya, ada satu wasit dan 2 asisten wasit yang tidak lulus beradasarkan tes fisik pagi tadi. Adapun, satu wasit yang hadir pada penyegaran ini meminta izin tidak ikut tes fisik, karena sakit, dan akan menjalani tes terpisah,” ungkap Purwanto, anggota Komite Wasit PSSI, yang juga menjadi intruktur pada Kursus Penyegaran Wasit ini di Jakarta, Minggu (15/2).

Sementara itu, Sekjen PSSI, Joko Driyono, mengharapkan adanya peningkatan kualitas dari perangkat pertandingan yang memimpin laga ISL 2015. Serangkaian pembekalan materi, ujian hingga tes fisik kali ini diharapkan menjadi modal utama untuk melakukan tugas dengan maksimal.
“100 orang yang hadir di kursus ini adalah manusia terpilih yang mahal harganya, dan harus mampu menjaga wibawa serta integritas kompetisi. Apalagi, kita sangat menyadari bahwa wasit memang selalu mendapat sorotan utama dari publik, tentu harus dijawab dengan performa yang maksimal di lapangan,” kata Joko Driyono.

Untuk ISL 2015 sendiri, LIGA akan menggunakan sebanyak 30 wasit yang akan ditugaskan. Dengan pengawasan dan penilaian yang ketat, para wasit tersebut akan memiliki grade kualitas yang berbeda. Dan, akan berpengaruh kepada penugasan dalam pertandingan. Tak hanya itu, PSSI juga menyiapkan padepokan wasit di Sawangan, yang akan menjadi ajang untuk merefreshing wasit yang tengah bertugas saat kompetisi, dengan evaluasi penampilan dan update pengetahuan.



Sumber: http://ligaindonesia.co.id/index.php/read/isl/Penyegaran-Wasit-ISL-Rampung-Digelar-7878

0 comments:

Post a Comment

 
Top