Ditulis oleh Slamet Oerip Prihadi Kamis, 24 November 2011 04:11

SIMULASI laga away yang dikonsepkan oleh pelatih Freddy Muli buat para pemain Joko Samudro Gresik United (GU), belum pas. “Belum berjalan sesuai yang saya harapkan,” kata Freddy.
...
Hal ini disampaikan usai GU beruji coba versus Putra Indomaret di Stadion Petrokimia Gresik Rabu (23/11-2011). “Saya terapkan formasi 3-6-1 dengan sistem pertahanan zona marking. Tapi, pemain-pemain belum bisa menjalankan secara sempurna. Ini bisa dimaklumi karena waktu persiapan GU memang mepet. Saya baru 10 kali melatih mereka,” ujar pelatih yang sukses mengantar tim “krisis finansial” PSMS menembus final Liga Indonesia 2007 itu.

Qua hasil, GU menang 4-0 atas Putra Indomaret (klub Kelas Utama Pengcab PSSI Surabaya). Namun, uji coba tidak mengutamakan skor. Yang dipentingkan justru bagaimana sistem pertahanan dan fast break (serangan balik cepat) bisa berjalan dengan baik. “Karena waktu yang sempit, saya belum sampai pada penggarapan sistem pertahanan kreatif. Kapan harus man marking, kapan zona marking, bagaimana melakukan individual defend, dan bagaimana group atau collective defend-nya. Itulah sebabnya saya merekrut beberapa pemain yang sudah matang dan mudah adaptasi dengan pemain-pemain GU lainnya. Antara lain Gustavo Chena, Uston, Anang, Agus Indra Kurniawan,” urainya.

Di sinilah kreativitas pelatih dibutuhkan untuk menyiasati durasi persiapan yang pendek ini. “Pada saatnya nanti tentu saya akan membuat simulasi laga home,” ujarnya.

Arek-Arek GU Bisa Latihan di Lapangan PLTU

Dalam situasi normal, Freddy lazimnya memerlukan 100 hari latihan persiapan dengan minimum 15 matches (laga uji coba). Tapi, apa boleh buat. Dia baru gabung pasti dengan GU akhir Oktober lalu. Problem utama bagi tim adalah tersedianya lapangan untuk latihan (Stadion Petrokimia) yang hanya bisa dipakai 3 kali per minggu. Yaitu Senin, Rabu, dan Jumat, itu pun hanya sore hari.

Itulah sebabnya, Rabu (23/11) malam, gerakan cepat dilakukan oleh Ahmad Andi, staf pelatih yang ikut mengurusi kebutuhan pemain. “Mulai Kamis (24/11) pemain-pemain GU sudah bisa latihan di lapangan PLTU Gresik. Lapangannya baru direnovasi. Layak untuk latihan teknik dan penerapan sistem permainan yang diinginkan pelatih Freddy Muli,” kata Andi.

Diharapkan, arek-arek GU bisa latihan Selasa (pagi-sore), Kamis (pagi-sore), dan Sabtu pagi di lapangan PLTU. Senin, Rabu, dan Jumat di Stadion Petrokimia.

Laga perdana GU di Kompetisi ISL 2011-2012 bertandang ke kandang Persiwa Wamena 1 Desember. Kali ini, GU tidak perlu terbang ke Wamena karena khusus untuk 3 home perdana Persiwa, home ground-nya di Malang. Ini karena Stadion Pendidikan Wamena masih direnovasi untuk memenuhi standar AFC. Bisa di Stadion Kanjuruhan atau Stadion Gajayana. Tapi 2 Desember GU harus terbang ke Jayapura, karena 4 Desember harus bertanding di kandang juara ISL 2010-2011 Persipura.

0 comments:

Post a Comment

 
Top