Rabu, 09 November 2011 01:00:08 WIB
Reporter : M. Syafaruddin


Surabaya (beritajatim.com) - Kapan kick off Divisi Utama terjawab sudah. Kompetisi kasta kedua di Indonesia ini dipastikan bergulir 10 Desember mendatang. Kepastian ini didapat usai pertemuan CEO klub-klub Divisi Utama yang berlangsung di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Selasa (08/11/2011) petang.

Untuk itu, PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) selaku regulator kompetisi resmi di bawah PSSI, meminta klub peserta untuk mendaftarkan minimal 18 pemain mereka per 25 November nanti. "Di antara pemain yang didaftarkan itu mesti ada tiga pemain U-21. Itu ketentuan minimalnya," tutur Kepala Bidang Kompetisi LPIS, Hendriyana.

Kompetisi Divisi Utama rencananya melibatkan 47 klub yang dibagi dalam empat grup dengan mempertimbangkan faktor geografis. Selain jadwal pembuka, pertemuan yang dihadiri 37 klub Divisi Utama itu juga membahas regulasi dan sistem kompetisi. Nantinya, juara masing-masing grup otomatis promosi ke Indonesian Premier League (IPL), sekaligus mengikuti babak semifinal.

"Babak semifinal dan final nanti hanya untuk mencari siapa juara Divisi Utama musim ini. Sistemnya tetap home and away. Tapi khusus final, akan digelar di tempat netral," lanjut Kang Hendri, sapaan akrabnya. Meski begitu, keputusan ini belum final. LPIS masih membuka kemungkinan terhadap perubahan-perubahan sesuai kesepakatan para klub peserta.

Terkait regulasi pemain asing, LPIS memberi batasan hanya tiga pemain, dan mereka boleh dimainkan sekaligus asal ada dalam daftar susunan pemain. "Registrasi personal tim, mulai pemain, pelatih, dan ofisial kami buka mulai 9 November besok," imbuhnya.

Klub yang positif ikut kompetisi Divisi Utama harus mengisi formulir LP1 atau pernyataan kesediaan mengikuti kompetisi yang diselenggarakan LPIS. Formulir sudah harus diserahkan ke LPIS paling lambat Jumat (11/11/2011) pukul 16.00 WIB.[sya/ted]

0 comments:

Post a Comment

 
Top